Resensi Buku Muni Luka Yang Tak Tersayat


#ReviewBuku


Judul: Muni: Luka yang Tak Tersayat

Penulis: Akhyar Mustafa

Penerbit: Lingkaran

Tahun Terbit: 2019

ISBN: 978-623-6624-07-4

Tebal: : 126 halaman


Indonesia adalah negeri yang istimewa. Terdiri dari berbagai macam suku bangsa,  yang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Dari sisi bahasa, pakaian, begitu pun adat istiadat.


Menurut Wikipedia, adat  adalah gagasan kebudayaan yang terdiri dari nilai-nilai budaya, norma, kebiasaan, kelembagaan, dan hukum adat yang mengatur tingkah laku manusia antara satu sama lain yang lazim dilakukan di suatu kelompok masyarakat. Adat yang memiliki sanksi disebut dengan hukum adat sedangkan yang tidak memiliki sanksi disebut dengan kebiasaan.


Novel ini mengangkat adat istiadat yang terjadi di daerah pedalaman Aceh. Dari judulnya, sudah terbayang bagaimana isi buku ini. Banyak luka yang dialami oleh Muni, perempuan muda dari Aceh.


Pedih dan kelam. Itulah kesan yang saya angkat saat membaca novel ini. Sebagai seorang perempuan hati saya sakit membaca lembar demi lembar tentang luka yang dialami Muni. Saya sampai berkata dalam hati, kok gini amat nasib jadi perempuan di sana.


Saya tidak menyalahkan adat istiadat yang diterapkan di sana. Hanya saja menyayangkan mengapa atas nama adat melakukan penindasan terhadap perempuan. Hal ini sangat bertolak belakang dengan pemahaman agama Islam yang mengatakan sebaik-baiknya lelaki adalah yang memuliakan perempuan. (Al Hadist)


Saya harap, cukuplah Muni saja yang menjadi korban KDRT, kekerasan dari orang tua, mertua, dan orang sekitar saja dengan dalih adat istiadat. Semoga hal yang demikian tidak dirasakan oleh Muni-Muni lain di luar sana.


Well, novel ini sangat menyayat hati saya yang artinya sang penulis, Akhyar Mustafa, berhasil dalam menulis sisi kegelapan manusia di buku ini. Semoga sukses selalu untuk Bang Yarmus -demikian saya memanggil penulis dengan nama tersebut-.


Tak ada gading yang tak retak, demikian pula suatu karya. Mungkin sedikit saran dari saya untuk penulis mengedit beberapa salah ketik yang ada di dalam novel ini.


Semoga ulasan singkat dari saya bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Materi Praktik Cerpen

Masa Tua